Pengaruh komitmen organisasi, partisipasi anggaran, dan senjangan anggaran terhadap kinerja manajerial (servey pada koperasi simpan pinjam di sukoharjo)

YUNIATI , RATMA (2011) Pengaruh komitmen organisasi, partisipasi anggaran, dan senjangan anggaran terhadap kinerja manajerial (servey pada koperasi simpan pinjam di sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Menguji apakah komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial. 2) Menguji apakah partisipasi anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial. 3) Menguji apakah senjangan anggaran brpengaruh terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah Manajer Koperasi Simpan Pinjam Di Sukoharjo. Jumlah sample yang di ambil dalam penelitian ini adalah 57 manajer yang terdiri dari manajer operasional, manajer pembukuan dan manajer keuangan. Teknik pengambilan sample yaitu purpose random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji heterokedastisitas, uji auto korelasidan uji regresi linear berganda. Hasil analisis data sebagai berikut : 1) Partisipasi penyusunan anggaran tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja manajerial dengan tingkat signifikansi probabilitasnya (p = 0,229>0,05). 2) Senjangan anggaran berpengaruh negatif terhadap kinerja manajerial dengan tingkat signifikansi probabilitasnya (p = 0,023<0,05). 3) Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial dengan signifikansi probabilitasnya (p = 0,000<0,05). Berdasarkan hasil analisis regresi untuk melihat pengaruh PA, SA, dan KO terhadap kinerja manajerial secara bersama-sama, menunjukkan nilai Fhitung sebesar 11,603 dengan nilai p < 0,05 yang berarti secara simultan variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen atau dapat diartikan bahwa model regresi sudah fit. Nilai adjusted R2 = 0,362 hal ini berarti sebesar 36,2% variabel kinerja dapat dijelaskan oleh variabel PA, SA dan KO. Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Partisipasi Anggaran, Senjangan Anggaran, Kinerja Manajerial

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasi, Partisipasi Anggaran, Senjangan Anggaran, Kinerja Manajerial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 05 Dec 2011 09:37
Last Modified: 05 Dec 2011 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15771

Actions (login required)

View Item View Item