Pengaruh Informasi Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)

PURWANDARI, ANITA DWI (2011) Pengaruh Informasi Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh informasi arus kas operasi terhadap return saham dengan persistensi laba sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau informasi yang berguna bagi masyakat bisnis dan akademisi sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan literatur akuntansi keuangan, dan selanjutnya dapat dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2008 dan 2009. Data diperoleh dari laporan keuangan, Indonesia Capital Market Directory (ICMD), IDX Statistics. Sampel yang digunakan sebanyak 77 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini menggunakan uji analisis regresi berganda yang diperluas dengan path analysis untuk melihat pengaruh variabel intervening. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan nilai probabilitas dari pengaruh hubungan langsung antar variabel sebesar p1= 0,038; p2=0,045; p3=0,044, dari hasil tersebut dilihat bahwa p1, p2 dan p3 diterima pada probabilitas taraf signifikan sebesar 5% (p≤0,05), dengan nilai koefisien beta pada persamaan p1= -0,188; p2=0,179; p3=0,182. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh arus kas operasi terhadap return saham dengan persistensi laba sebagai variabel intervening. walaupun hipotesis penelitian diterima, hasilnya masih belum dapat digeneralisasikan pada semua perusahaan karena sampel yang digunakan masil relatif kecil. Untuk itu, pada penelitian berikutnya diharapkan menggunakan sampel penelitian dari semua sektor industri yang ada dalam pasar modal serta memperluas periode pengamatan, sehingga hasil penelitian dapat merepresentasikan hasil yang lebih luas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arus Kas Operasi, Persistensi Laba, Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 09:10
Last Modified: 05 Dec 2011 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15769

Actions (login required)

View Item View Item