Perbedaan Hasil Belajar IPA Materi Penelitian Ilmiah dengan Menggunakan Metode Card Sort dan Index Card Match pada Siswa Kelas X SMK Negeri Banyudono Tahun Ajaran 2010/2011

WULANSARI, RAHAJENG PUTRI (2011) Perbedaan Hasil Belajar IPA Materi Penelitian Ilmiah dengan Menggunakan Metode Card Sort dan Index Card Match pada Siswa Kelas X SMK Negeri Banyudono Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pemantauan menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Banyudono rendah, hal ini dapat dilihat dari: (1) Dominasi guru dalam proses pembelajaran tersebut dapat menyebabkan siswa lebih bersifat pasif; (2) Guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari, menemukan sendiri pengetahuan atau sikap dalam pembelajaran IPA. Untuk itu, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA yaitu Index card match dan Card sort. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi metode Index card match dan Card sort. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen pendidikan, yaitu perbandingan dua metode pembelajaran dan satu kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan Uji validitas, reliabilitas, index kesukaran soal, daya pembeda, Uji normalitas, homogenitas da Hipotesis (Anova satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung = 19,693 dengan Ftabel diperoleh dari nilai table F pada taraf signifikan 5% dengan (df = 2, 109) yaitu sebesar 3,07. Oleh karena Fhitung 19,693 > 3,07 Ftabel maka H0 ditolak, yang berarti dari uji- t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran IPA. Disimpulkan bahwa prestasi belajar IPA dengan menggunakan metode Index card match lebih efektif dari pada prestasi belajar IPA menggunakan metode Card sort dan kontrol pada pokok bahasan metode ilmiah yang dilihat dari nilai rata-rata test masing-masing kelas pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar metode Index card sort, card sort, dan Kontrol uji homogenitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 05:20
Last Modified: 05 Dec 2011 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item