Penerapan Metode Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran dalam Pemecahan Soal Matematika(PTK Pembelajaran Matematika SMK Negeri I Banyudono)

MUHTAR, MUHTAR (2011) Penerapan Metode Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran dalam Pemecahan Soal Matematika(PTK Pembelajaran Matematika SMK Negeri I Banyudono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika terhadap pemecahan soal matematika. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Banyudono sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas XI AP 2 yang berjumlah 40 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, tes tertulis, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika terhadap pemecahan soal matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mempresentasikan materi pelajaran diakhir putaran mencapai 60 %, kemampuan mengkontruksi pengetahuan secara matematia diakhir putaran mencapai 65%, dan kemampuan bekerja sama/diskusi secara kelompok diakhir putaran mencapai 80%. Tingkat penalaran siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menampilakan kalimat matematika dengan simbol diakhir putaran mencapai 72,5%, kemampuan menggunakan rumus dalam pemecahan masalah diakhir putaran mencapai 60%, kemampuan melakukan opersi hitung diakhir putaran mencapai 62,5%, dan kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan diakhir putaran mencapai 65%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan belajar realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan bernalar siswa sehingga berdampak pada pembelajaran matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motode realistik, peningkatan, komunikasi, penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 11:03
Last Modified: 01 Dec 2011 11:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item