Peningkatan Pemhaman Konsep Geometri dan Pengukuran dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Pemanfaatan Fasilitas Kelas Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta)

SANTOSO, EDY (2011) Peningkatan Pemhaman Konsep Geometri dan Pengukuran dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Pemanfaatan Fasilitas Kelas Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswasiswa kelas V yang berjumlah 45 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran. Hal ini dapat dilihat dari 1). kreativitas siswa dalam memanipulasi media pembelajaran sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 4,44 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 64,44 %, 2). Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 11,11% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 57,78%, 3). Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,55 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 68,78 %, 4). Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,56 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 66,67 %, serta 5). rata-rata prestasi belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 47,31 dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 79,18. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui pemanfaatan fasilitas kelas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri dan pengukuran siswa, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman_konsep, Pendekatan_kontekstual, fasilitas_kelas, Media_pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 10:11
Last Modified: 01 Dec 2011 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item View Item