Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara

ELITHA, LILI ARIFIANI (2011) Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab Iv)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efektifitas motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tahunan, Jepara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 4.779, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 23.815, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.708.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Learning, NHT, Motivasi - Belajar, Prestasi - Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 09:58
Last Modified: 01 Dec 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15747

Actions (login required)

View Item View Item