Aspek Kepribadian Tokoh Mukti dalam Novel Weton (Bukan Salah Hari) Karya Dianing Widya Yudhistira (Tinjauan ; Psikologi Sastra)

SHOLIKAH, SITI (2011) Aspek Kepribadian Tokoh Mukti dalam Novel Weton (Bukan Salah Hari) Karya Dianing Widya Yudhistira (Tinjauan ; Psikologi Sastra). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan; (1) struktur yang membangun novel Weton (Bukan Salah Hari) karya Dianing Widya Yudhistira yang meliputi tema, alur, latar dan penokohan; (2) aspek kepribadian cholerici tokoh utama (Mukti) dalam novel Weton (Bukan Salah Hari). Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Weton (Bukan Salah Hari) karya Dianing Widya Yudhistira yang diterbitkan oleh PT Grasindo Jakarta tahun 2009. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik membaca heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) unsur struktural novel Weton (Bukan Salah Hari) yang meliputi tema yaitu kepercayaan masyarakat jawa tentang weton yang berseberangan dengan islam; alur maju yang menyuguhkan novel kepada pembaca dari awal sebelum terjadinya konflik sampai konflik berakhir; dan latar yang meliputi latar tempat yaitu Kota Batang, Kota Kalisari dan Kota Pemalang Jawa Tenggah; latar waktu yaitu terjadi dalam kurun waktu antara tahun 1974 sampai pada tahun 1989-an ; dan latar sosial yang yaitu budaya kejawen dan agama islam dan penokohan; (2) aspek kepribadian tokoh utama (Mukti) menunjukkan bahwa tokoh Mukti memiliki karakteristik Cholerici atau orang garang dibuktikan dengan kepribadian lincah, rajin bekerja, periang, pemberani, optimis serta suka pada hal-hal yang faktual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kepribadian, tinjauan psikologi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 05:21
Last Modified: 01 Dec 2011 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15732

Actions (login required)

View Item View Item