PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN Reading Guide DAN Everyone is a Teacher Here TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012

SURYANINGSIH , LILIS (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN Reading Guide DAN Everyone is a Teacher Here TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI SEMESTER I TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF
09._LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Sistem Gerak pada Manusia dengan penggunaan strategi Reading Guide dan Everyone is a Teacher Here siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Reading Guide dan Everyone is a Teacher Here yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 66,87 dari nilai awal sebesar 24,09; sedangkan nilai rata-rata afektif Reading Guide sebesar 12,96 (termasuk kategori cukup berminat) dan rata-rata afektif Everyone ia a Teacher Here sebesar 15,08 (termasuk kategori berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 72,39 dari siklus I yang hanya 66,87; sedangkan nilai rata-rata afektif Reading Guide meningkat menjadi 13,75 (termasuk kategori berminat) dan nilai rata-rata afektif Everyone ia a Teacher Here sebesar 15,78 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Reading Guide dan Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), strategi reading guide dan everyone is a teacher here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 30 Nov 2011 13:05
Last Modified: 30 Nov 2011 19:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item