PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi di Jawa Tengah)

Makmur, Ali (2008) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi di Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200040371.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Persepsi Akuntan Pendidik Dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi Akuntan”. Etika merupakan sebuah topik yang di dalamnya menyangkut perilaku seseorang termasuk dalam etika bisnis. Eksistensi seorang profesional untuk dapat mengerti dan peka terhadap persoalan etika ternyata juga dipengaruhi oleh lingkungan di mana dia berada. Pengetahuan, pemahaman dan kemampuan mahasiswa sebagai calon bakal akuntan harus ditingkatkan terutama terkait tentang etika bisnis agar tidak terjadi pelanggaran etika di lingkungan akuntan di masa mendatang. Hal tersebut dilakukan agar kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan tidak pudar dengan berbagai persepsi negatif tentang akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis dan etika profesi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pengumpulan data yang digunakan adalah Cross Sectional Study (One-Shotstudy). Data diperoleh dengan menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi di wilayah Surakarta dan Semarang. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang diperoleh diuji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan Mann Whitney U Test dan Independen Sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Hasil uji Independent Sample t test memperoleh nilai thitung > ttabel (3,255 > 1,980) diterima pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,003 (p<0,05).. Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik terhadap etika bisnis (70,51) lebih tinggi daripada mahasiswa akuntansi (57,47); (2) Terdapat perbedaan persepsi tentang etika profesi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Hasil uji Independent Sample t test memperoleh nilai thitung > ttabel (5,601 > 1,980) diterima pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,000 (p<0,05), Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik terhadap etika profesi (74,18) lebih tinggi daripada mahasiswa akuntansi (67,27).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika bisnis, etika profesi, akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 May 2009 07:53
Last Modified: 17 Nov 2010 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item