Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Optimalisasi Peningkatan dan Pemanfaatan Pendapatan Asli Desa (PAD) (Studi Ekplorasi di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali)

WIDAYANTO, AGUS (2011) Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Optimalisasi Peningkatan dan Pemanfaatan Pendapatan Asli Desa (PAD) (Studi Ekplorasi di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Judul.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk menggambarkan sejarah pembentu-kan BPD. 2) Untuk mendeskripsikan kedudukan, peran dan fungsi BPD di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. 3) Untuk menggambarkan upaya BPD dalam pening-katan PAD di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. 4) Untuk mendeskripsikan upaya BPD dalam pemanfaatan PAD di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi teknik pengumpulan data yang berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Kedua, trisanggulasi sumber data yang berasal dari informan, pengamatan kinerja BPD dan dokumen terkait proses peningkatan pemanfaatan PAD desa Pelem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Hasil penelitian ini adalah 1) sejarah terbentuknya BPD adalah dari perubahan Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 ke Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. 2) Kinerja BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dinilai sudah baik, 3) Peranan BPD dalam optimalisasi peningkatan pendapatan asli Desa Pelem dinilai sudah memuaskan, 4) BPD dapat berperan dalam rangka pengelolaan pemanfaatan pendapatan asli desa untuk kesejahteraan Desa Pelem. Saran peneliti adalah 1) Perlunya anggota BPD mendapatkan pendidikan dan pelatihan agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional, 2) Perlunya penertiban restribusi tempat parkir di sekitar Terminal Bus Simo, karena banyak parkir liarnya, 3) Untuk pegawai di Balai Desa Pelem agar lebih disiplin lagi dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011 - 43
Uncontrolled Keywords: Peranan Badan Permusyawaratan Desa Pelem, Optimalisasi Peningkatan Pendapatan Asli Desa, Pemanfaatan Pendapatan Asli Desa.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2011 08:53
Last Modified: 10 Jan 2012 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item