Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat di Wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah Periode 2006-2009

YULAEKHAH, SITI ERIYANTI (2011) Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Perkreditan Rakyat di Wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah Periode 2006-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lain dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Tingkat kesehatan bank adalah hasil penilaian kualitatif atas berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi atau kinerja suatu bank, melalui penilaian kuantitatif dan atau penilaian kualitatif terhadap faktor-faktor permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, sensitivitas terhadap resiko pasar dan penilaian kualitatif terhadap faktor manajemen.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akhir dari Bank Perkreditan Rakyat yang dijadikan sampel, mengetahui kategori tingkat kesehatan dan mengetahui perbandingan antarbank. Alat analisis yang digunakan adalah analisis CAEL (Capital, Asset , Earning dan Liquidity) sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No. 9/17/PBI/2007 tanggal 4 Desember 2007 serta Surat Edaran Bank Indonesia No. 9/29/DPbS/2007 tanggal 7 Desember 2007. Dalam melakukan penelitian ini, objek yang dianalisis yaitu 10 Bank Perkreditan Rakyat yang berada di Wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, yaitu PT BPR Grogol Joyo, PT BPR Indotama Persada, PT BPR Ihuthan Ganda, PT BPR Jadi Manunggal Abadi, PT BPR Kartadhani Mulya, PT BPR Sami Makmur, PT BPR Sinarguna Sejahtera, PT BPR Solobaru Permai, PT BPR Tugu Kencana dan PT BPR Wira Ardhana Sejahtera dimana data yang digunakan yaitu data sekunder periode 2006-2009 yang diperoleh dari www.bi.go.id dan situssitus yang berhubungan dengan penelitian ini. Berdasarkan perhitungan dan analisis dengan menggunakan rasio CAEL, hasil penelitian tahun 2006-2009 menunjukkan bahwa lima BPR tergolong sehat yaitu PT BPR Jadi Manunggal Abadi memperoleh nilai tertinggi yaitu 94,67%, selanjutnya diikuti oleh PT Sami Makmur dengan nilai 93,07%, PT BPR Solobaru Permai dengan nilai 90,06%, PT Sinarguna Sejahtera dengan nilai 85,52% dan PT BPR Ihuthan Ganda dengan nilai 85,42%. Yang termasuk dalam katergori cukup sehat yaitu PT BPR Tugu Kencana dengan nilai 76,03% dan PT BPR Kartadhani Mulya dengan nilai 66,72%. PT BPR Grogol Joyo dengan nilai 60,39% termasuk dalam kategori kurang sehat, dan urutan dua terendah atau tidak sehat adalah PT BPR Indotama Persada dengan nilai 41,40% serta PT BPR Wira Ardhana Sejahtera dengan nilai 40,34%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesehatan bank perkreditan rakyat, Capital, Asset, Earning,Liquidity
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 04:45
Last Modified: 30 Nov 2011 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item