Pengaruh corporate governance terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

HAPSARI, NOVITA INDAH (2011) Pengaruh corporate governance terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF
04._BAB_II.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
PDF
05._BAB_III.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF
06._BAB_IV.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF
07._BAB_V.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF
09._Lampiran_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep corporate governance diajukan demi tercapainya pengelolaan perusahaan yang lebih transparan bagi semua pengguna laporan keuangan. Bila konsep ini diterapkan dengan baik maka diharapkan pertumbuhan ekonomi akan terus menanjak seiring dengan transparansi pengelolaan perusahaan yang makin baik dan nantinya menguntungkan banyak pihak. Manajemen laba adalah suatu kondisi di mana manajemen melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan bagi pihak eksternal sehingga dapat meratakan, menaikan, dan menurunkan pelaporan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance khususnya komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, keberadaan komite audit dan ukuran perusahan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2008-2010. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komposisi dewan komisaris diperoleh nilai probability 0,004 < 0,05, sehingga Ho ditolak, artinya komposisi dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. (2) Ukuran dewan komisaris diperoleh nilai probability 0,049 < 0,05, sehingga Ho ditolak, artinya ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. (3) Keberadaan komite audit diperoleh nilai probability 0,219 > 0,05, sehingga Ho diterima, artinya keberadaan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. (4) Ukuran perusahaan diperoleh nilai probability 0,810 > 0,05, sehingga Ho diterima, artinya ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, komposisi dewan komisaris, ukuran dewan komisaris, keberadaan komite audit, manajemen laba.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2011 04:38
Last Modified: 30 Nov 2011 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item