Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Pegawai PemerintahE Daerah(Survey pada Pemerintah daerah di Kabupaten Klaten)

NINGSIH, IIS SUSANTI (2011) Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Kinerja Pegawai PemerintahE Daerah(Survey pada Pemerintah daerah di Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (883kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) disusun berdasarkan pendekatan kinerja, yaitu suatu sistem anggran yang mengutamakan upaya pencapaian hasil kerja atau output dari perencanaan alokasi biaya atau input yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik tujuan anggaran terhadap kinerja pegawai pemerintah daerah. Penelitian ini merupakan penelitian jenis survei dengan dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada pegawai pemerintah daerah. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden dan diolah menggunakan program SPSS untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum karakteristik tujuan anggaran berpengaruh terhadap kinerja pegawai pemerintah daerah Klaten. Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja pemerintah daerah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,016 (p<0,05). Kejelasan tujuan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pemerintah daerah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,026 (p<0,05). Demikian juga halnya dengan umpan balik anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pemerintah daerah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,029 (p<0,05). Adapun evaluasi anggaran tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai pemerintah daerah dengan nilai signifikansi 0,363 (p>0,05). Sedangkan kesulitan tujuan anggaran berpengaruh negatif terhadap kinerja pegawai pemerintah daerah dengan tingkat signifikansi 0,002 (p<0,05). Hal ini menunjukan bahwa kinerja pegawai pemerintah daerah kabupaten klaten dalam menyusun, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran telah mengikuti aturan yang berlaku.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011 - 40
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Tujuan Anggaran, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 09:06
Last Modified: 12 Jan 2012 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item