UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA KELOMPOK A TKIT AZ-ZAHRA SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

RETNOWATI, RETNOWATI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA KELOMPOK A TKIT AZ-ZAHRA SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Kemampuan berbahasa lisan Anak Usia Dini perlu ditingkatkan, Oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan adalah dengan menggunakan metode karya wisata.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui implementasi metode karyawisata dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa TK A TKIT Az-Zahra Sragen dan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan implementasi dengan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa TK A TKIT Az-Zahra Sragen. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur, dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa lisan siswa TK A TKIT Az-Zahra Sragen melalui metode karyawisata. sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan 48,25 %, siklus I 78,25 % dan siklus II 86,5 % Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan siswa TK A TKIT Az-Zahra Sragen dari sebelum tindakan sampai siklus II sebesar 38,25 %. Dan ketuntasan kemampuan berbahasa lisan pada akhir siklus II telah mencapai target keberhasilan dengan nilai rata-rata 2,5 dalam kategori sebagian berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-028
Uncontrolled Keywords: bahasa lisan, karyawisata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:39
Last Modified: 11 Jan 2012 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item