MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN KARTINI KELOMPOK MATAHARI SRAGEN TAHUN AJARAN 2011 / 2012

Sulistyowati, Lilis (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI KELOMPOK BERMAIN KARTINI KELOMPOK MATAHARI SRAGEN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Secara umum tujuan ini adalah meningkatkan kemampuan sosial anak melalui bermain peran, tujuan umum yaitu untuk mengetahui apakah bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak di kelompok Bermain Kartini Kelompok Matahari Sragen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi. Instrument penelitian adalah bermain peran, kemampuan bersosialisasi, upaya. Pengembangan instrument menggunakan teknik triangulasi data yang digunakan untuk menkonfirmasi data satu dengan yang lain. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Permainan bermain peran terdiri dari aktifitas bermain pura-pura atau berimajinasi menirukan suatu obyek misalnya berperan menjadi dokter. Kegiatan bermain peran memberikan stimulasi kepada siswa untuk aktif dimana keaktifan tersebut wujud dalam bentuk tindakan bermain peran. Perhatian diwujudkan dalam bentuk mengikuti penjelasan yang diuraikan guru serta minat dalam bentuk keinginan yang kuat dari siswa tentang permainan bermain peran; 2) Pada proses permainan bermain peran berdasarkan identifikasi ada peningkatan kemampuan bersosialisasi yang dimiliki anak yang diukur berdasarkan keberanian, percaya diri, komunikasi dan kerja sama; 3) Pada proses pembelajaran dengan permainan bermain peran berdampak pada kebebasan beraktifitas bagi siswa, namun tetap terkontrol berdasarkan aturan-aturan yang digunakan dalam permainan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain peran, kemampuan bersosialisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:34
Last Modified: 29 Nov 2011 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15677

Actions (login required)

View Item View Item