UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG HASIL KEBUN Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan II Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011

NURYATMI, DWI (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG HASIL KEBUN Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan II Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran permainan berhitung hasil kebun. Penelitian dilakukan di kelompok B TK BENDUNGAN II Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 anak. Data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa catatan lapangan tentang kejadiankejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran kognitif berlangsung dan dokumentasi yang berupa foto guru dan peserta didik. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas proses analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan berhitung hasil kebun. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan anak yang memiliki tiga indicator yaitu memasangkan benda dengan angka yang melambangkannya, penambahan dan pengurangan dengan benda. Sebelum dilakukan tindakan nilai kemampuan kognitif anak 26,9%, setelah dilakukan tindakan pada indikator memasangkan benda dengan angka yang melambangkannya pada siklus I meningkat menjadi 42,%, dan diakhir tindakan meningkat menjadi 84,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan permainan berhitung hasil kebun dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, Permainan Berhitung Hasil Kebun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:05
Last Modified: 29 Nov 2011 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item