UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI METODE BERMAIN DADU

INDRAWATI, FEBRIA LUXY (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI METODE BERMAIN DADU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09._HALAMAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak dengan menerapkan metode bermain dadu. Kemampuan berhitung anak perlu di tingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari anak dan sebagai dasar untuk mempelajari matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran berhitung bagi anak yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung adalah dengan menggunakan metode bermain dadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK MTA Gemolong tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak maupun untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak pembelajaran melalui metode bermain dadu. Prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak dalam satu kelas yakni sebelum tindakan 39.52%, siklus I mencapai 60,84%, siklus II mencapai 71%, dan siklus III mencapai 84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain dadu dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Penerapan metode bermain dadu juga didukung dengan pengelolaan kelas secara berkelompok. Penggunaan metode dan pengelolaan kelas sangat penting karena dapat membantu meminimalkan permasalahan saat pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Dadu, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 04:18
Last Modified: 29 Nov 2011 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15672

Actions (login required)

View Item View Item