UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN BAHASA (Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-kanak Bhakti Pertiwi Selodoko Ampel Boyolali, 2011/2012)

TRIYATIN, TRIYATIN (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN BAHASA (Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-kanak Bhakti Pertiwi Selodoko Ampel Boyolali, 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan adalah suatu keterampilan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis menjadi wicara bermakna. Kemampuan membaca permulaan anak perlu ditingkatkan karena sebagai dasar dan sebagai bekal mengikuti pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui metode permainan bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Bhakti Pertiwi Selodoko Ampel Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data tentang penerapan metode permainan bahasa dikumpulkan melalui catatan lapangan. Sedangkan data mengenai kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara diskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa prosentase rata-rata hasil kemampuan membaca permulaan anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 42.78%, siklus I mencapai 60.42%, siklus II mencapai 72.85%, dan siklus III mencapai 87.43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Bhakti Pertiwi Selodoko Ampel Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan Bahasa, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:43
Last Modified: 28 Nov 2011 10:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15665

Actions (login required)

View Item View Item