PENINGKATAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI DI KELOMPOK A RA BAKTI IX TOHUDAN COLOMADU, TAHUN AJARAN 2010/2011

HIDAYAH, RACHMAWATI NUR (2011) PENINGKATAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI DI KELOMPOK A RA BAKTI IX TOHUDAN COLOMADU, TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
3._BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (bap2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (bap3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (bap4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (bap5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan verbal linguistic anak melalui permainan huruf punggung berantai kelompok A di RA BAKTI IX tohudan Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) anakanak mengalami peningkatan dalam kecerdasan verbal linguistik, 2) anak dapat menngucapkan huruf-huruf abjad dengan baik, 3) anak dapat menghafal secara urut dan acak huruf-huruf abjad, 4) anak dapat menulis huruf abjad,5) anak dapat merangkai kata, 6) Perbendaharaan kata anak bertambah. Dalam prosentase keberhasilan peningkatan kecerdasan verbal linguistik dengan permainan huruf punggung berantai pada penelitian ini, yakni sebelum tindakan 23,75%, siklus I mencapai 32,5%, siklus II mencapai 61,25%, dan siklus III mencapai 68,75%. Permainan huruf punggung berantai untuk peningkatan kecerdasan verbal linguistik siswa ini juga didukung dengan metode lain yaitu percakapan, praktek langsung dan Tanya jawab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak TK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-033
Uncontrolled Keywords: kecerdasan verbal linguistik, metode permainan, permainan huruf punggung berantai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:25
Last Modified: 11 Jan 2012 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15663

Actions (login required)

View Item View Item