SUPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DESA KLUMPRIT I MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011 / 2012

LESTARI, PUJI (2011) SUPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DESA KLUMPRIT I MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain puzzle. Kemampuan kognitif perlu ditingkatkan karena kognitif sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk berfikir, menalar, mengapresiasi masalah-masalah yang dihadapi. Dengan kognitif yang baik anak akan dengan percaya diri menyelesaikan masalahnya dengan baik dan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Desa Klumprit I Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran bermain puzzle dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif/membandingkan kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak didik sebelum tindakan sampai dengan Siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 33,90%, Siklus I mencapai 51,75%, Siklus II mencapai 62,95% dan Siklus III mencapai 82,73%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa penggunaan metode bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, Bermain Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:00
Last Modified: 28 Nov 2011 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15656

Actions (login required)

View Item View Item