PENGUKURAN EFISIENSI TERHADAP SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus di PT. Macanan Jaya Cemerlang Di Klaten)

Nugroho, Suryo Adi (2007) PENGUKURAN EFISIENSI TERHADAP SUPPLIER DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Kasus di PT. Macanan Jaya Cemerlang Di Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
hal_depan.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (544kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (bab.4)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (bab.5)
Bab_V_New.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (bab.6)
BAB_VI_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Kebanyakan perusahaan cenderung memiliki lebih dari satu supplier untuk mengantisipasi kebutuhan bahan baku produksi mereka. Hal itu terjadi karena kebutuhan bahan baku dalam kuantitas besar sulit dipenuhi oleh hanya satu supplier saja. Akibat dari jumlah supplier yang lebih dari satu ini adalah masalah pemilihan alternatif supplier. Perhitungan performansi supplier dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA), yang mampu mengevaluasi tingkat efisiensi relatif sebuah Decission Making Units (DMUs) dengan multifaktor. Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan percetakan yang menggunakan bahan baku utama kertas dan tinta. Kertas terdiri dari 3 macam kertas yaitu Buram, HVS, dan Ivory. Sedangkan tinta terdiri dari Cyan, Magenta , Yellow, dan Black.Perusahaan menggunakan 7 supplier kertas dan 4 supplier tinta. Atribut performansi yang dipakai untuk menilai supplier adalah Price, Processing Time sebagai indikator input dan Quality, dan Fullfil Order sebagai indikator output. Dari hasil perhitungan, didapatkan bahwa supplier kertas yang sebaiknya dipilih pihak perusahaan pada kategori Efficient supplier untuk produk CD/buram adalah Berkat Lamando dan Pindodeli,HVS adalah Surya Pamenang dan untuk Ivory adalah Surya Pamenang dan Margono. Supplier tinta yang yang mempunyai nilai Tingkat Efisisensi tertinggi pada kategori efficient supplier untuk produk Cyan adalah PD. Warna Harapan, Cemani Tuka, Toyo, Magenta adalah PD. Warna Harapan dan Toyo, Yellow adalah PD. Warna Harapan, Cemani Tuka dan Print Color, dan untuk produk Black adalah PD. Warna Harapan dan Toyo. Supplier yang dipilih perusahaan adalah supplier yang berada pada kategori efficient supplier berdasarkan tiap jenis bahan baku yang diperlukan. Supplier yang berada pada kategori inefficient supplier sebaiknya melakukan improvement (perbaikan) untuk mencapai tingkat efisiensi yang optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Atribut Performansi, Data Envelopment analysis, Pemilihan supplier.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2011 09:54
Last Modified: 28 Nov 2011 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item