MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE EXPLICIT INTRUCTION

SURYANTI, SRI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE EXPLICIT INTRUCTION. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_i.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LampiraN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kamampuan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode Explicit Intruction pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar melalui metode Explicit Intruction. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum siklus rata-rata nilai 63, dan siklus I dengan rata-rata nilai 67, siklus II dengan rata-rata nilai 74, dan siklus III dengan rata-rata niali 82. Dilihat dari hasil tersebut maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan melalui metode Explicit Intruction dalam pembelajaran pada siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2010/2011. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus selalu mengalami peningkatan prestasi secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Explicit Intruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:15
Last Modified: 28 Nov 2011 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item