SURYANTI, SRI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE EXPLICIT INTRUCTION. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (70kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_i.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LampiraN.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kamampuan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui metode Explicit Intruction pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar melalui metode Explicit Intruction. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum siklus rata-rata nilai 63, dan siklus I dengan rata-rata nilai 67, siklus II dengan rata-rata nilai 74, dan siklus III dengan rata-rata niali 82. Dilihat dari hasil tersebut maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan melalui metode Explicit Intruction dalam pembelajaran pada siswa kelas V SDN 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2010/2011. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus selalu mengalami peningkatan prestasi secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Explicit Intruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 07:15 |
Last Modified: | 28 Nov 2011 07:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15646 |
Actions (login required)
View Item |