PENGGUNAAN METODE TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH PADA SISWA KELAS IV SDN 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUDARMANI, ERLIS (2011) PENGGUNAAN METODE TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH PADA SISWA KELAS IV SDN 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Memaparkan penggunaan metode talking Stick sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar Pkn pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 64,32 kemudian pada siklus pertama 71,08 dan 85,14 pada siklus kedua (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 45,95%; dan pada tes siklus pertama 62,16% dan siklus kedua menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pkn materi pemerintah pusat dan daerah pada siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Talking stick, Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 06:56
Last Modified: 28 Nov 2011 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item