UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PUCANGAN 03 KARTASURA PADA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA MENGGUNAKAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA GAMBAR TAHUN AJARAN 2011/2012

PRATAMA, DIAN BUDI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PUCANGAN 03 KARTASURA PADA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA MENGGUNAKAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA GAMBAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Cover.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA melalui metode mind mapping dengan media gambar. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Pucangan 03 Katasura yang berjumlah 26 siswa,dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini yang bertugas mengamati peneliti dalam mengajar adalah guru kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum siklus I dilaksanakan yaitu 42,3%. Setelah dilaksanakan siklus I dengan menggunakan mind mapping dengan media gambar hail belajar siswa meningkat menjadi 61,5% dan dilanjutkan dengan siklus II hasil belajar siswa mengalami kenaikan secara signifikan menjadi 88,5%. Secara keseluruhan dengan menggunakan metode mind mapping dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya di kelas IVA SDN Pucangan 03 Kartasura tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-046
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, mind mapping dan media gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 06:09
Last Modified: 11 Jan 2012 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

View Item View Item