UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNGSARI REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012

FEBRIYANTO, GALIH (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNGSARI REMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode index card macth. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjungsari yang berjumlah 16 siswa. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 9 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 7 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi hewan dan makanannya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas bertanya mencapai 75%, aktivitas menjelaskan materi di depan kelas mencapai 87,5%, aktivitas memberi tanggapan mencapai 75%, dan aktivitas mengerjakan soal secara mandiri mencapai 87,5%. Hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi hewan dan makanannya. Sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 55,06%, pada siklus I mencapai daya serap 68,5%, dan akhir tindakan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai daya serap 78,94%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Index Card Match dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga berdampak pada hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-043
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, index card match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 05:55
Last Modified: 11 Jan 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item