PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 GIRIWONDO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR

SARI, NILA (2011) PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 GIRIWONDO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5_'.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DFt_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan melalui metode SQ3R pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Tahun Pelajaran 2010/2011. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami isi bacaan, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah metode SQ3R. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SD 01 Giriwondo yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan teknik deskriptif kualitatif, yang meliputi 3 komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan memahami isi bacaan setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode SQ3R. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,53 dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,87. Selain itu prosentase siswa yang memperoleh nilai diatas 65 mengalami peningkatan sebesar 20% dari prosentase pada pra siklus 53,33% menjadi 73,33% pada siklus pertama, dan peningkatan sebesar 13,34% dari prosentase pada siklus pertama 73,33% menjadi 86,67% pada siklus kedua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode SQ3R, kemampuan memahami isi bacaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 05:49
Last Modified: 28 Nov 2011 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15640

Actions (login required)

View Item View Item