UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI STRATEGI DISCOVERY-INQUIRY PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 02 TLOBO KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011

ANWAR, MUHFIK (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI STRATEGI DISCOVERY-INQUIRY PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 02 TLOBO KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_Pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dampak penerapan strategi discovery-inquiry di dalam pembelajaran, mengetahui penerapan strategi discovery-inquiry dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang penjumlahan pecahan, dan untuk mengetahui besarnya peningkatan pemahaman siswa mengenai penjumlahan pecahan melalui penerapan strategi discovery-inquiry. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Tlobo yang berjumlah 29 siswa. Datadata yang dikumpulkan meliputi data aktivitas siswa dan data prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, ternyata hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Penerapan strategi discovery-inquiry berdampak positif dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan penjumlahan pecahan, dengan penerapan strategi discoveryinquiry dapat meningkatkan pemahaman penjumlahan pecahan pada peserta didik kelas IV SDN 02 Tlobo dan ada peningkatan pemahaman peserta didik kelas IV SDN 02 Tlobo mengenai penjumlahan pecahan melalui strategi discovery-inquiry. Hal ini dibuktikan bahwa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata pemahaman konsep mengenai penjumlahan pecahan peserta didik 43 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 28%, siklus I nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 60.5 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 31%, siklus II nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 63 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 66% dan siklus III, tindakan telah berhasil karena tercapai nilai rata-rata peserta didik 77 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 83%. Kata kunci : kemampuan penjumlahan pecahan, strategi discovery-inquiry.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penjumlahan pecahan, strategi discovery-inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 25 Nov 2011 10:01
Last Modified: 25 Nov 2011 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15630

Actions (login required)

View Item View Item