PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN AKUNTAN PUBLIK TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN (Studi Empiris di Wilayah Kota Semarang dan Surakarta)

DEFITA, ROSI SUSIANA (2007) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN AKUNTAN PUBLIK TERHADAP ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN (Studi Empiris di Wilayah Kota Semarang dan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200040296.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Etika merupakan seperangkat aturan/ norma/ pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang dianut oleh sekelompok/ segolongan manusia/ masyarakat/ profesi yang di dalamnya menyangkut perilaku seseorang termasuk dalam etika bisnis dan etika profesi akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis dan etika profesi akuntan antara akuntan pendidik dan akuntan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan pengumpulan data yang digunakan adalah Cross Sectional Study (One-Shootstudy). Data diperoleh dengan menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Populasi dalam penelitian ini meliputi akuntan pendidik dan akuntan publik di wilayah kota Semarang dan Surakarta. Sampel dibagi 2 kelompok akuntan yaiti akuntan pendidik dan akuntan publik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang diperoleh diuji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisa yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independen Sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan persepsi tentang etika bisnis antara akuntan pendidik dan akuntan publik. Hasil uji t memperoleh nilai t.hitung (-1,197) > t.table (-2,000) terbukti tidak signifikan pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,236 (p>0,05), maka H1 ditolak. Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik tentang etika bisnis (86,76) lebih rendah daripada akuntan publik (91,44); (2) Terdapat perbedaan persepsi tentang etika profesi akuntan antara akuntan pendidik dan akuntan publik. Hasil uji t memperoleh nilai t.hitung (2,485) > t.table (2,000) terbukti signifikan pada taraf signifikansi 5% dengan nilai p-value 0,016 (p<0,05), maka H2 diterima. Nilai rata-rata persepsi akuntan pendidik tentang etika profesi akuntan (77,24) lebih tinggi daripada akuntan publik (73,63).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika bisnis, etika profesi akuntan, akuntan pendidik, akuntan publik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 May 2009 07:26
Last Modified: 17 Nov 2010 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item