PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI PEMERINTAHAN PUSAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV DI SDN 01 JATIPURWO KEC. JATIPURO KAB. KARANGANYAR TAHUN 2010 / 2011

YULIYANTI, DWI (2011) PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI PEMERINTAHAN PUSAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV DI SDN 01 JATIPURWO KEC. JATIPURO KAB. KARANGANYAR TAHUN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dwi Yuliyanti, Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer pada Materi Pemerintahan Pusat sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV di SDN 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 01 Jatipurwo dengan penggunaan metode Giving Question dan Getting Answer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru Kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 01 Jatipurwo yang berjumlah 17. permasalahan yang muncul dari penelitian ini adalah : banyaknya guru yang menyampaikan pembelajaran PKn hanya menggunakan metode ceramah, adanya anggapan pelajaran PKn adalah pelajaran yang sulit dipahami, membosankan dan tidak menyenangkan, sehingga hasil belajar PKn rendah, KBM sering kosong karena padatnya kegiatan kepala sekolah sebagai guru pengampu PKn, guru belum menggunakan metode Giving Question and Getting Answer dalam pembelajaran PKn di SDN 01 Jatipurwo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, serta tes. Sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn untuk materi Pemerintahan Pusat. Untuk materi pemerintahan pusat nilai rata-rata siswa mencapai 75.29 dengan persentase siswa yang mencapai nilai di atas 70 sebanyak 82.35% sedangkan untuk materi Lembaga – lembaga negara yang diulang pada siklus II menunjukkan peningkatan cukup berarti. 2. Semula nilai rata-ratanya pada siklus I 66.47 dengan persentase siswa yang mandapat nilai di atas 70 hanya 52.94 % pada akhir siklus II nilai rata-ratanya mencapai 86.47 dengan persentase siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 100 %. Berdasarkan keterangan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan Hasil Belajar PKn tentang Materi Pemerintahan Pusat pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010 / 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, giving question and getting answer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 06:04
Last Modified: 25 Nov 2011 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15627

Actions (login required)

View Item View Item