DAMPAK PENGEMBANGAN JARINGAN TEMA DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SD NEGERI SAMIRONO KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

NOVANINGTYAS. P, DIKA (2011) DAMPAK PENGEMBANGAN JARINGAN TEMA DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SD NEGERI SAMIRONO KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pengembangan jaringan tema dan media pembelajaran tematik terhadap kreativitas guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas 1-3 SD Negeri Samirono yang berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik dikatakan bermakna karena dalam pelaksanaannya menggunakan tema-tema yang dekat dengan lingkungan siswa sehari-hari. Sehingga lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru dengan mengeneralisasikan kejadian-kejadian yang mereka amati setiap hari dengan tema yang diberikan oleh guru di kelas. Dengan demikian, dapat dimungkinkan bagi siswa untuk mempelajari beberapa bidang studi dalam waktu yang bersamaan. Kreativitas guru dalam menyusun rancangan pembelajaran dengan pembelajaran tematik dapat dilihat dari kemampuan guru tersebut mulai dari menetapkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan mata pelajaran yang akan dipadukan, menetukan tema penghubung, menetapkan jaringan tema, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan menentukan serta mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan jaringan tema dan media pembelajaran tematik memberikan dampak positive terhadap kreativitas guru kelas 1-3 dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-045
Uncontrolled Keywords: Jaringan Tema, Media pembelajaran, Tematik, Kreativitas guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 05:11
Last Modified: 11 Jan 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15623

Actions (login required)

View Item View Item