IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD N 01 KALIBOTO

Wijihastuti,, Wiwik (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD N 01 KALIBOTO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Kaliboto.Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan kreativitas siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran, 2) Meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Kaliboto melalui implementasi model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dokumentasi dan, tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada materi sifat-sifat cahaya diperoleh data kreativitas siswa siklus pertama baru mencapai 19%. Pada siklus kedua kemampuan kreativitas siswa meningkat menjadi 87%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus pertama nilai rata-rata 61,75 atau 24% nilai siswa mencapai KKM. Siklus kedua nilai rata-rata belajar IPA siswa kelas V meningkat menjadi 81,15, 97% atau 31 siswa nilai hasil belajar IPA ≥70 (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Kaliboto.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Kreatif, Konstruktivisme, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 04:53
Last Modified: 25 Nov 2011 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15622

Actions (login required)

View Item View Item