PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKn SD N 01 PAPAHAN TASIKMADU TAHUN 2011/2012

WAHYUNI, SRI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKn SD N 01 PAPAHAN TASIKMADU TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran Pkn dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus ini terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 01 Papahan Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.Pengumpulan data menggunakan metode pokok yang meliputi observasi langsung, dokumentasi, dan tes. Metode observasi langsung digunakan untuk mengetahui tingkat keaktifan dan peran serta siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn dengan penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray . Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam proses pembelajaran Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: Prosentase keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan angka 57,58% (19 siswa dari jumlah 33 siswa aktif saat pembelajaran) dan pada siklus II prosentase keaktifan siswa sebesar 87,88% (29 siswa dari jumlah 33 siswa aktif saat pembelajaran). Dengan demikian terdapat penengkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II.Rata-rata nilai PKn hasil kuis individual pada siklus I sebesar 71,36 dan pada siklus II sebesar 78,79. Sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar51,52% (17 siswa dari jumlah 33 siswa tuntas dalam belajarnya) dan pada siklus II prosentase ketuntasan sebesar 90,91% (30 siswa dari jumlah 33 siswa tuntas dalam belajarnya. Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTwo stay two stray dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 01 Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model two stay two stray, keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2011 04:34
Last Modified: 25 Nov 2011 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15620

Actions (login required)

View Item View Item