STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

MASRUKIN, ARIF (2011) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa yang diajar menggunakan metode inkuiri dan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling kemudian ditentukan kelompok kontrol sebanyak 35 siswa yaitu kelas IV A dan kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa yaitu kelas IV B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada a = 5 % diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa yang diajar menggunakan metode inkuiri dan ekspositori dengan thitung = 2,83 > ttabel = 1,995. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,914 dan nilai rata-rata kelas kontrol 78,857. Oleh karena itu metode inkuiri dapat dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri, metode ekspositori, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 10:20
Last Modified: 24 Nov 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item View Item