MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PUJI RAHAYU, EKAWATI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIHARJO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (bab2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (bab3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (bab5)
BAB_Vpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui bimbingan belajar kelompok pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatiharjo , Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar melalui bimbingan belajar kelompok. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum siklus rata-rata nilai 60, dan siklus I dengan rata-rata nilai 69, siklus II dengan rata-rata nilai 76, dan siklus III dengan rata-rata niali 86. Dilihat dari hasil tersebut maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dapat ditingkatkan melalui bimbingan belajar kelompok dalam pembelajaran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2010/2011. Dengan demikian penelitian ini dalam setiap siklus selalu mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima kebenarannya..

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 24 Nov 2011 10:17
Last Modified: 24 Nov 2011 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15615

Actions (login required)

View Item View Item