PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KERUKUNAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD NEGERI 3 BENTANGAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NURYANTO, RIDWAN (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KERUKUNAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD NEGERI 3 BENTANGAN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar PUstaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) Pengaruh kerukunan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, (3) Pengaruh motivasi belajar dan kerukunan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri III Bentangan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, sedangkan waktu penelitian adalah bulan Mei sampai Agustus 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SD Bentangan Negeri III Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, dengan jumlah 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji determinansi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh dari motivasi belajar dan kerukunan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dengan persamaan regresi Y=3,615+0,084X1+0,009X2, dimana signifikannya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh nilai Fhitung (60,097) yang lebih besar dari nilai F tabel (3,20), (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar secara sendiri terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung (3,350) yang lebih besar dari ttabel (2,01), (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kerukunan keluarga secara sendiri terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai thitung (0,353) lebih kecil dari ttabel (2,01).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-054
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kerukunan keluarga, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 10:10
Last Modified: 11 Jan 2012 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item