PENGARUH JENIS ZAT PERANGSANG TUMBUH AKAR DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR PADA STEK BATANG JARAK PAGAR (Jatropha curcas)

LESTARI, HENI PUJI (2011) PENGARUH JENIS ZAT PERANGSANG TUMBUH AKAR DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR PADA STEK BATANG JARAK PAGAR (Jatropha curcas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman jarak pagar (Jatropha curcas) adalah salah satu tanaman penghasil minyak nabati, yang terkandung dalam bijinya. Pemakaian energi global saat ini mencapai 400 EJ per tahun yang meningkat terus seiring peningkatan populasi penduduk serta pertumbuhan ekonomi global. Usaha untuk mengoptimalkan pertumbuhan akar pada stek batang jarak pagar adalah dengan penambahan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT). Auksin jenis Root-up dan Rhizattun-f adalah salah satu ZPT yang dapat mempengaruhi pertumbuhan akar pada stek batang jarak pagar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh jenis zat perangsang tumbuh akar dengan berbagai dosis terhadap pertumbuhan akar pada stek batang jarak pagar. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Agustus 2011 di Green House Laboratorium FKIP UMS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial terdiri atas 2 faktor yaitu faktor 1 hormon (Root-up dan Rhizattun-f) dan faktor 2 dosis (0 ppm, 250 ppm, 350 ppm dan 450 ppm) dengan 3 kali ulangan, sehingga kedua faktor perlakuan diperoleh 24 macam perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s (DMRT). Paramater yang diamati adalah jumlah akar, panjang akar, dan panjang tunas Jatropha curcas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi hormon Rhizattun-f 350 ppm memacu pertumbuhan jumlah akar dan panjang tunas sedangkan konsentrasi Root-up 350 ppm memacu pertumbuhan panjang akar Jatropha curcas. Hormon Root-up dan Rhizattun-f tidak menunjukkan interaksi dalam mempengaruhi jumlah akar, panjang akar, dan panjang tunas Jatropha curcas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-050
Uncontrolled Keywords: Jatropha curcas, stek, Root-up, Rhizattun-f dan akar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 09:18
Last Modified: 11 Jan 2012 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15606

Actions (login required)

View Item View Item