PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2010/2011

BROTO. S , NOVANDHI (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Novandhi Broto.S, A420070 103, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, halaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajar dengan metode kooperatif tipe Jigsaw dan STAD pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Parameter yang diukur adalah skor dari postes hasil belajar pokok bahasan ekosistem. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw = 80,69 dan rata- rata kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD=74,86. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPA Biologi antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan ekosistem kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2010/2011 (t hitung > t tabel (3,22 > 1,994) pada taraf signifikasi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 23 Nov 2011 10:41
Last Modified: 23 Nov 2011 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item