UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012

HIKMAH , INDAH DAROJATUL (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
3._BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (bap2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (bap3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (bap4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (bap5)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (lampiran)
Soal_postes_siklus_baru_jadiiiii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Biologi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan siswa Kelas VII B SMP N 1 Tulung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar biologi dan data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Pada aspek kognitif sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata 6,74 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 8 sedang pada siklus II 9,2. Keaktifan siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang pada aspek afektif pada siklus I didapatkan rata-rata 73,33% (kurang aktif) dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 81,23% (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tulung Klaten tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, index card match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 23 Nov 2011 10:27
Last Modified: 23 Nov 2011 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item View Item