MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI

SUCI ADI, AKBAR (2011) MODEL LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 BAKI. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
Halaman_depan.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan penerapan model Learning Start with a Question pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik) siswa pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, metode tes, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi materi pengelolaan lingkungan siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki : 1) Hasil aspek kognitif siklus I prosentase ketuntasannya 50% (19 siswa), siklus II prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 42,11% menjadi 92,11% (35 siswa); 2) Hasil aspek afektif siklus I rerata prosentase ketuntasanya 77,63%, siklus II rerata prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 15,14% menjadi 92,77%; 3) Hasil aspek psikomotorik siklus I rerata prosentase ketuntasannya 80,26%, siklus II prosentase ketuntasannya meningkat sebanyak 13,17% menjadi 93,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : pembelajaran dengan penerapan model Learning Start with a Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA Biologi pokok bahasan pengelolaan lingkungan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Baki tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Start with a Question, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Nov 2011 10:20
Last Modified: 23 Nov 2011 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item