MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB SISWA KELAS XD MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 PADA MATERI VIRUS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AD (active debate)

ZAENAH , NYAYU (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB SISWA KELAS XD MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 PADA MATERI VIRUS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AD (active debate). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
03._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (bap2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (bap3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (bap4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (bap5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bertanya dan menjawab merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir. Kemampuan bertanya dan menjawab pada manusia tidak dapat berkembang begitu saja tanpa adanya pelatihan khususnya dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada materi virus siswa kelas XD Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran AD (active debate). Strategi pembelajaran AD (active debate) merupakan salah satu metode pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran ini mengedepankan keaktifan siswa (melibatkan setiap peserta didik) yaitu dengan siswa mampu untuk bertanya dan menjawab dari setiap permasalah yang dihadapinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran AD (active debate) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (keaktifan bertanya=25% atau meningkat 14,29% dari observasi awal 10,71%; keaktifan menjawab pertanyaan=25% atau meningkat 7,15% dari observasi awal 17,85%). Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (keaktifan bertanya=75% atau meningkat 50% dari siklus I; keaktifan menjawab pertanyaan=57,14% atau meningkat 32,14% dari siklus I). Rata-rata aspek afektif perilaku berkarater 11,60 dengan kriteria cukup (observasi awal); 11,42 dengan kriteria cukup (siklus I); 16,00 dengan kriteria baik (siklus II); rata-rata aspek afektif keterampilan sosial 12,64 dengan kriteria cukup (observasi awal); 13,46 dengan kriteria cukup (siklus I); 21,25 dengan kriteria baik (siklus II). Sedangkan rata-rata kognitif=71≤KKM 75 (observasi awal); 72≤KKM 75 (siklus I); 75=KKM 75 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran AD (active debate) dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan siswa kelas XD Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada materi virus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-047
Uncontrolled Keywords: kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan, strategi pembelajaran active debate
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Nov 2011 10:05
Last Modified: 11 Jan 2012 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item