PERANAN GERAKAN PRAMUKA DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRAKOSO, PRIMA ADI (2011) PERANAN GERAKAN PRAMUKA DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, (1) realitas penanaman sikap nasionalisme, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman sikap nasionalisme, (3) peranan gerakan pramuka dalam penanaman sikap nasionalime pada siswa kelas VII SMP N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Subyek penelitian dengan menggunakan key informan yang digunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan mencatat dokumen. Penetapan validitas data dalam penulisan ini melalui trianggulasi data dan informan review. untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) realitas penanaman sikap nasionalisme yaitu diberikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan tetapi tetap dalam kaidah pendidikan yang sesungguhnya. Misalkan, jambore, kemah bakti. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman sikap nasionalisme, yaitu Faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan sekolah, faktor pergaulan siswa itu sendiri, faktor lingkungan, faktor media elektronik. Sedangkan faktor internal yaitu faktor keluarga dan faktor diri pribadi. . (3) peranan gerakan pramuka dalam penanaman sikap nasionalime pada siswa kelas VII SMP N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Yaitu kecintaan pada tanah air, cinta dan bangga terhadap lagu dan bahasa nasional, cinta dan menghargai kebudayaan bangsa, meneladani jiwa pahlawan, kepedulian terhadap lingkungan, perilaku baik dalam pergaulan, kebanggaan terhadap identitas dan lambang negara, kewajiban pelajar dalam mengisi kemerdekaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011 - 44
Uncontrolled Keywords: Peranan gerakan pramuka, Penanaman sikap nasionalisme.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2011 09:13
Last Modified: 10 Jan 2012 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item