PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SUHIRMAN, MUH. (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 3 dan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 1. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α= 5 % diperoleh ttabel = 1,987 dan thitung = 4,039 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli menjadikan siswa lebih mampu memecahkan masalah matematika dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-058
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pembelajaran - matematika, permainan - monopoli, pemecahan – masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Nov 2011 11:01
Last Modified: 11 Jan 2012 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item