UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (PTK di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Gesi Tahun Ajaran 2011/2012)

MUKTIANINGSIH, RINA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (PTK di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 Gesi Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
2._Cover-Abstrak.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Means Ends Analysis pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Gesi yang berjumlah 33 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIIF SMP Negeri 1 Gesi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan operasi bentuk aljabar melalui model Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keaktifan, yaitu: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 09,09% dan diakhir tindakan mencapai 39,39%, 2) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 36,36% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 3) Keaktifan siswa dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,27% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,12% dan diakhir tindakan mencapai 48,48%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar dapat meningkatkan keaktifan siswa. Kata kunci : Means Ends Analysis, keaktifan siswa, Operasi Bentuk Aljabar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-057
Uncontrolled Keywords: Means Ends Analysis, keaktifan siswa, Operasi Bentuk Aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Nov 2011 10:33
Last Modified: 11 Jan 2012 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item