PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri)

AZIZAH, IRMA NUR (2011) PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MAKE-A MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Semester Genap Kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN II Gambiranom Baturetno Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu Adanya peningkatan kemandirian siswa pada pembelajaran matematika meliputi a) mendiskusikan soal sebelum dilakukan tindakan 36% meningkat menjadi 52% b) menjawab pertanyaan dari guru sebelum dilakukan tindakan 24% meningkat menjadi 56% c) mengerjakan soal-soal latihan tanpa bantuan orang lain sebelum dilakukan tindakan 35% meningkat menjadi 76% d) mengerti dan dapat melakukan langkah pendekatan make a match dalam kelompok sebelum dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemandirian, Pendekatan Make A Match

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Pendekatan Make A Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Nov 2011 10:17
Last Modified: 21 Nov 2011 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item