POLA BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA (Study Kasus SDIT Arofah Boyolali Tahun Ajaran 2010-2011)

HANAFIYAH, FAUZI FITRI (2011) POLA BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA (Study Kasus SDIT Arofah Boyolali Tahun Ajaran 2010-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendiskripsikan pola belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam memahami, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian dan jawaban soal cerita matematika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan desain study kasus. Subjek penelitian guru matematika dan siswa kelas IV SDIT Arofah Boyolali. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode dan member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur. Hasil penelitian: (1) Pola belajar siswa dalam memahami soal cerita matematika yaitu siswa merjemahkan kalimat soal kedalam bahasa sehari-hari serta menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal, (2) Pola belajar siswa dalam menyusun rencana penyelesaian yaitu siswa menentukan hubungan dari data yang diketahui dengan konsep-konsep yang telah diterima siswa dan menuliskan hubungan tersebut kedalam model matematika, kemudian menentukan metode yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal matematika tersebut, (3) Pola belajar siswa dalam melaksanakan rencana penyelesaian, pada tahap ini siswa menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya, kemudian membuat kalimat jawabnya, dan (4) Pola belajar siswa dalam memeriksa kembali jawaban dengan mengecek ulang dan menelaah kembali dengan teliti dari setiap langkah-langkah penyelesaian dan jawaban soal cerita matematika, serta mencoba mencari pemecahan masalah dengan cara yang lain. Kata kunci : pola belajar, pemecahan masalah, soal cerita matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola belajar, pemecahan masalah, soal cerita matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 Nov 2011 09:40
Last Modified: 21 Nov 2011 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15536

Actions (login required)

View Item View Item