PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII MTs I’ANAH FUTUHIYAH BODEH PEMALANG TAHUN AJARAN 2010/2011

ANDRIYANI, AULIA MUFTI (2011) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII MTs I’ANAH FUTUHIYAH BODEH PEMALANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII di MTs I’anah Futuhiyah Bodeh Pemalang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang responden dan diambil dengan teknik proposional random sampling dengan cara undian. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,099 + 0,070.X1 + 0,084.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan minat belajar. Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,699 dengan nilai probabilitas = 0,010 diterima pada taraf signifikansi 5%. Lingkungan sekolah memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 28,1%; 2) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,600 dengan nilai probabilitas = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5%. Minat belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 38,7%; 3) Lingkungan sekolah dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII MTs I’anah Futuhiyah Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 47,306 diterima pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh lingkungan sekolah dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 66,8%, sedangkan 33,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya sarana belajar, lingkungan belajar, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011 - 49
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah, minat belajar, prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2011 04:44
Last Modified: 10 Jan 2012 08:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15535

Actions (login required)

View Item View Item