PENERAPAN PEMBELAJARAN HUMANIS PADA SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Eksperimen Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Muh. 6 Sambi

HARDIYONO, TESTA NUR (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN HUMANIS PADA SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Eksperimen Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Muh. 6 Sambi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII semester 2 MTs Muhammadiyah 6 Sambi tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah 6 Sambi yang terdiri dari kelas VII, VIII, IX. Sebagai sampel diambil kelas VIII A dan B sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Fhitung = 11,699 > Ftabel = 3,97 sehingga ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Fhitung = 1,075 < Ftabel = 3,12 sehingga tidak ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Fhitung = 5,181 > Ftabel = 3,12 sehinga ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan humanis dan minat belajar siswa yang tinggi memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-059
Uncontrolled Keywords: humanis, konvensional, minat belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2011 06:16
Last Modified: 11 Jan 2012 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item