PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA WONOKELING KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2011

RIYONO, EDI (2011) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA WONOKELING KECAMATAN JATIYOSO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan wajib pajak terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. 2) Untuk mengetahui pengaruh pendapatan wajib pajak terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. 3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pendapatan wajib pajak terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kasus dan Lapangan dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak bumi dan bangunan yang berada diwilayah desa Wonokeling, kecamatan Jatiyoso, kabupaten Karanganyar. Sampel diambil sebanyak adalah 50 orang dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis, data di uji dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 35,491 + 0,155X1 + 0,691X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa koefisien regresi dari masingmasing variabel independen bernilai positif, artinya variabel Pendidikan dan Pendapatan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pendidikan terhadap kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,845 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan relatif sebesar 43,2% dan sumbangan efektif 20,17%; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pendapatan terhadap kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,500 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 56,8% dan sumbangan efektif 26,53%; 3) Terdapat pengaruh bersama-sama antara variabel pendidikan dan pendapatan terhadap kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa, Fhitung > Ftabel, yaitu 20,601 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,467 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel Pendidikan dan Pendapatan terhadap Kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan adalah sebesar 46,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011 - 43
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendapatan, Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2011 05:48
Last Modified: 10 Jan 2012 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15459

Actions (login required)

View Item View Item