ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI HANDPHONE NOKIA DITINJAU DARI MARKETING MIX

ERWINSYAH, ERWINSYAH (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI HANDPHONE NOKIA DITINJAU DARI MARKETING MIX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
Judul,_Kata_Pengantar_&_Daftar_Isi_.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (bab.5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam memasarkan produknya adalah memahami perilaku konsumen. Pemahaman mengenai perilaku konsumen ini menjadi dasar dalam menentukan strategi pemasaran dengan memperhatikan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dengan bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone nokia. Ditinjau dari marketing mix yang terdiri dari unsur produk, harga, promosi dan distribusi unsurunsur tersebut mempunyai banyak variabel. Karena dengan variabel yang banyak jumlahnya sulit untuk membuat kebijakan maka variabel-variabel tersebut perlu disederhanakan. Metode analisa yang digunakan untuk menyederhanakan dengan menggunakan analisis faktor. Metode Analisis Faktor merupakan suatu metode yang mencoba menemukan hubungan saling tergantungan antara variabel dan membentuk variabel yang lebih sederhana dari jumlah variabel awal, sehingga didapatkan satu set variabel yang baru.. Proses analisis faktor terdiri dari penilaian variabel yang layak, factoring, scree plot, rotasi faktor dan pemberian nama atau identitas faktor. Dari penelitian yang dilakukan diharapkan akan memberikan manfaat bagi perusahaan yaitu mengetahui faktor apa yang paling mempengaruhi konsumen dalam membeli handphone nokia, serta memberikan masukan bagi pihak perusahaan untuk melakukan strategi dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Dengan metode analisis faktor dari penelitian ini, maka didapat hasil sebagai berikut : dari unsur produk dari 16 variabel awal terbentuk 5 faktor baru. Unsur harga awalnya terdiri dari 3 variabel setelah dilakukan analisis dengan metode analisis faktor dapat disederhanakan menjadi 1 faktor saja. Sedangkan dari unsur promosi, variabel yang terbentuk adalah sebanyak 1 faktor dari 3 variabel awal. Dan unsur distribusi mempunyai 1 faktor baru dari 4 variabel awal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen, marketing mix, variabel, analisis faktor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2011 09:44
Last Modified: 15 Nov 2011 09:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

View Item View Item